Pengawas Sekolah Jenjang SMP

HotPotatoes

Hot Potatoes adalah sebuah aplikasi yang memiliki lima buah model untuk membuat latihan atau tes. Program ini dapat menghasilkan beberapa jenis output/hasil file/data, anda dapat menformat output dalam bentuk halaman Web (.htm), file yang terkompresi (.Zip), file paket SCORM 1.2 (.Zip) atau juga dapat langsung mencetak ke printer maupun di kirim ke server (upload) pada LMS yang mendukung standart konten aplikasi elearning dengan SCORM misal LMS Dokeos. Lima bentuk aplikasinya yaitu JCloze, JCross, JMatch, JMix dan JQuiz. Aplikasi keenam disebut The Masher. 

Hot Potatoes diciptakan oleh tim Penelitian dan Pengembangan di University of Victoria Humaniora Computing dan Media Centre. Aspek komersial dari perangkat lunak ditangani oleh Half-Baked Software Inc. Hot Potatoes telah freeware sejak Oktober 2009. Hot Potatoes pertama kali dirilis dalam versi 2.0 pada bulan September 1998, di Eurocall konferensi di Leuven, Belgia.
 
Aplikasi ini sangat baik digunakan oleh guru-guru dari Taman Kanak-Kanak hingga SMA, Aplikasi ringan yang mudah digunakan, untuk memperkaya pengetahuan dan variasi guru-guru dalam memberikan Tes kepada anak didik kita, Bapak dan Ibu dapat mencobanya untuk diaplikasikan di dalam kelas, yang berminat menambah pengetahuan dalam memberikan sebuah tes kepada peserta didik kita, anda bisa download aplikasinya, Klik Disini. Dan berikut tutorial cara membuatnya :

1. JMix, (jumbled-sentence exercises) Program untuk membuat latihan menyusun kalimat.


2. JCross, (crossword puzzles) Program untuk menyusun materi dalam bentuk teka-teki silang.


3. JMatch, (matching or ordering exercises) Program untuk membuat latihan dengan model menjodohkan.


4. JCloze, (gap-fill exercises) Program untuk menyusun latihan dalam bentuk “essai ompong” (fill in the blanks exercise).


5. JQuiz, Program untuk menyusun materi latihan yang terdiri dari 4 jenis, anatara lain: Pilihan ganda (multiple-choice), short answer, Hybrid (Kombinasi dari pertanyaan multiple-choice dan short-answer) dan Multi-Select.


5. The Masher, Program yang didesain untuk memanage beberapa isi latihan/soal dari 5 jenis program diatas dengan mengkompilasi beberapa jenis latihan di Hot Potatoes. Program The Masher masih berbayar. Dalam program ini anda dapat juga melakukan proses dan monitoring konten latihan langsung ke Server dari Hot Potatoes.

6. Cara menginstal Aplikasi HotPotatoes, download aplikasi, Klik Disini.

Share:

No comments:

Profil


SAIFUL MALIK, M.Pd
Pengawas SMP Disdik Kab. Sumenep
Email : saiful.malik@pnsmail.go.id

Video Tutorial

Pilih salah satu Tutorial yang tertera di menu DropDown, Jika halaman tidak muncul karena Pop Up (Peringatan) Klik Allow pada Blog ini, Video Tutorial akan muncul di Laman, terima kasih.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Payung Hukum

Pilih salah satu Payung Hukum (PH) yang tertera di menu DropDown, Jika halaman tidak muncul yang muncul Pop Up (Peringatan) Klik Allow pada Blog ini, Video Tutorial akan muncul di Laman, terima kasih.

Isi Script Disini